Thursday 28 March 2013

Mencuci Mobil Sendiri di Rumah



Lebih dari sekedar terlihat kinclong, mobil yang dibersihkan secara teratur akan terhindar dari “pembusukan” sebelum waktunya. Paling enak memang memanfaatkan jasa automated car washes. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra yang mestinya digunakan untuk kebutuhan lain. Di samping itu, kalau salah memilih jasa mencuci mobil, bisa-bisa finish cat akan tergores lapisan wax. Sekali saja lapisan finish itu rusak atau terkelupas, body akan mudah korosi.
Karena itu, mencuci mobil sendiri di rumah adalah langkah terbaik.
Persiapan
  • Gunakan selalu lap katun yang bersih dan lembut. Bisa juga memakai sarung tangan yang dibuat khusus untuk mencuci mobil. Menggunakan lap sembarangan ketika mencuci atau mengeringkan mobil akan menggores permukaan.
  • Parkirlah mobil di tempat teduh dan landai agar air cuci lebih cepat mengalir dan mobil cepat kering.
  • Anda wajib menggunakan deterjen khusus untuk mbil. Ikuti petunjuk pemakaian dan dan perbandingan deterjen dengan air.
Pencucian
  • Mulailah dengan mencuci velg. Cairan pembersih bekerja lebih baik pada permukaan yang kering. Semprotkan cairan pembersih seperti petunjuk pemakaian. Bila kotoran masih menepel, gosoklah dengan sikat yang lembut dengan tidak terlalu keras.
  • Jangan lupa membersihkan bagian kolong dan sela-sela velg. Kalau masih ada kotoran yang tersisa gunakan pre-cleaning solution. Tuangkan cairan pada lap dan gosokkan pada kotoran yang menempel. Kotoran yang membandel bisa digosok agak keras. Hati-hati, bila terlalu keras menggosok velg bisa tergores.
  • Cara mencuci body yakni dengan menyiram seluruh permukaannya dari atas ke bawah. Lebih baik menggunakan penyemprot air berbentuk pistol yang bisa diatur daya semprotnya. Jangan terlalu kencang menyemprot karena justru akan mendorong kotoran masuk ke dalam lapisan finish.
  • Untuk mengeringkan mobil, gunakan lap katun yang bersih dan kering atau chamois sintetis. Letakkan lapke permukaan yang akan dikeringkan. Diamkan beberapa saat agar lap/chamois menyerap air. Ganti lap lain dan lakukan cara seperti di atas untuk menyerap air yang tersisa. Jangan mengeringkan dengan cara mengusap.
  • Bukalah pintu-pintu, kap mesin dan bagasi untuk menghilangkan air yang menetes ke dalam.
Selamat mencuci mobil!

No comments:

Post a Comment